Pandemi telah mengubah cara berbisnis

Digital/mobile banking adalah banking channel yang paling sering digunakan selama masa adaptasi kebiasaan baru (79%).

Ilustrasi. Pixabay

Kolaborasi dari berbagai pihak ini dibutuhkan untuk menciptakan ekosistem ekonomi digital di Indonesia.

“Sejalan dengan semangat kokreasi dan kolaborasi, kami bersama-sama dengan mitra menghadirkan kemudahan bagi masyarakat digital savvy Indonesia dalam bertransaksi online melalui fitur Jenius Pay,” ujar Digital Banking Business Product Head Bank BTPN Waasi B Sumintardja, dalam konfrensi pers virtual Jenius Pay, Kamis (3/12).

Setelah diperkenalkan pada 2017, Jenius Pay kini telah bekerja sama dengan 29 merchant untuk membantu masyarakat digital savvy bertransaksi online dengan cara baru secara mudah, cerdas, dan aman. Kolaborasi ini sekaligus mendukung ekosistem ekonomi digital dan transaksi online maupun cashless.

Selanjutnya, Waasi mengungkapkan, selama pandemi dan kondisi working from home, terjadi peningkatan penggunaan Jenius Pay. Jumlah nominal transaksi Jenius Pay meningkat sebanyak 401% dan volume transaksi meningkat sebanyak 212% pada Oktober 2020 dibanding Maret 2020.

Meningkatnya transaksi digital selama pandemi juga terlihat pada Jenius Study: Perilaku Digital Savvy Selama Masa Adaptasi Kebiasaan Baru yang dilakukan pada Mei 2020 kepada 267 responden berusia 16-40 tahun. Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa digital/mobile banking adalah banking channel yang paling sering digunakan selama masa adaptasi kebiasaan baru (79%).