Usai pandemi, 'Pasukan Ungu' ajari ribuan siswa SD di Tegal sikat gigi

Menurut drg Farrah, PDGI berkomitmen akan terus melakukan pendekatan kepada masyarakat.

Kegiatan HKGN 2022 sikat gigi bersama PDGI Kab/Kota Tegal. Foto Dok

Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kota dan Kabupaten Tegal turut menggelar kegiatan sikat gigi bersama untuk menyemarakkan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional (HKGN), Senin (12/9). Acara kali ini cukup istimewa, karena menjadi kegiatan outdoor pertama yang dilakukan serentak oleh PDGI di seluruh Indonesia, setelah vakum karena pandemi Covid-19 yang melanda sejak 2020. 

"Setelah terjeda selama dua tahun semenjak pandemi, kami akhirnya turun lagi bergerak melaksanakan kegiatan yang merupakan hajat besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia setiap tahun," ujar Ketua PDGI Kota dan Kabupaten Tegal drg Farrah Juwita Yamin di sela-sela kegiatan sikat gigi bersama yang digelar di SD Karangjambu 2 Kabupaten Tegal, Senin (12/9/2022). 

Selain di SD Karangjambu 2, HKGN di wilayah Kab/Kota Tegal juga digelar di 11 sekolah dasar lain di wilayah kecamatan Balapulang, Jatinegara, Bojong yang merupakan sasaran SD di Kabupaten Tegal. Sekitar 2.000 siswa ikut berpartisipasi dalam acara ini.

Sasaran kegiatan sikat gigi bersama ini menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut yang salah satunya melakukan kebiasaan menyikat gigi secara rutin setiap hari.