Pembeli mobil mencari tahu dulu produknya di internet

Jangka waktu tersebut terbilang cukup berharga bagi sebuah brand untuk dapat memberikan informasi bagi konsumennya

Membutuhkan dua bulan untuk memutuskan melakukan pembelian mobil/dokumen Google Indonesia

Penelitian terbaru dari Google bersama dengan TNS mengungkapkan, internet merupakan bagian penting dalam proses menentukan mobil baru yang akan dibeli konsumen Indonesia.

Membeli sebuah mobil baru merupakan investasi besar. Tidak mengherankan jika orang Indonesia membutuhkan waktu yang cukup untuk menentukan mobil yang akan dibeli. "Faktanya, 3 dari 4 (74%) orang membutuhkan dua bulan untuk memutuskan melakukan pembelian mobil," kata Industry Analyst, Google Indonesia, Yudistira Adi Nugraha, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/3).

Jangka waktu tersebut terbilang cukup berharga bagi sebuah brand untuk dapat memberikan informasi bagi konsumennya. Namun, informasi apa yang sebenarnya mereka cari tahu?

Dibandingkan tahun sebelumnya, lebih banyak pembeli mobil Indonesia terhubung internet yang menggunakan perangkat mobile. Lebih 8 dari 10 orang (85%) setuju mengenai hal ini (dibandingkan dengan 73% di  2016) dan 6 dari 10 (63%, meningkat dibanding tahun 2016 sebesar 52%) menggunakan Internet untuk menemukan diler. 

Sementara itu, hasil yang sama (63%) juga menunjukkan bahwa mereka mau membeli mobil secara online (meningkat dibandingkan 49% di tahun 2016).