Pengidap jantung dan kolestrol tinggi, jangan selalu membuang kuning telur

Manfaat kuning telur juga banyak di samping kolestrolnya yang tinggi. Asal tahu cara mengonsumsinya.

ilustrasi. foto food ndtv

Orang dewasa yang memiliki keluhan jantung dan kolestrol tinggi, tidak perlu anti terhadap kuning telur. Yang penting tahu kuncinya biar aman.

Berkembang pengetahuan di masyarakat bahwa orang dewasa sebaiknya tidak mengonsumsi kuning telur. Bagian ini hanya cocok untuk anak kecil, atau orang yang masih muda. Kuning telur diyakini mengandung zat yang akan memicu kolestrol tinggi. 

Karena anggapan ini, tidak jarang orang dewasa menyisihkan kuning telur di pinggir piringnya, dan menyantap bagian putih telurnya saja, yang dianggap tidak mengandung kolestrol.

Ya, tidak terlalu salah juga anggapan ini. Sebutir telur mengandung 70-75 kalori. Sekitar 15 kalori berasal dari putih telur, dan sisanya (55 kalori) dari kuning telur. Kuning telur mengandung sekitar 185 mg kolesterol dan 4,5 mg lemak. 

Bagi orang dewasa, makan tiga butir telur sehari masih dalam level aman. Tetapi, saran ini memang tidak berlaku bagi orang dewasa yang memiliki keluhan jantung dan kolestrol tinggi. Jatahnya yang aman tiga butir sepekan. Kuning telurnya pun boleh dikonsumsi, tidak perlu disisihkan.