Perhatikan gizi agar tetap fit saat pandemi Covid-19

Walaupun telah mengonsumsi suplemen, tubuh tetap memerlukan gizi yang seimbang.

Ilustrasi. Pixabay

Setidaknya, terdapat dua langkah agar kita tidak terinfeksi Covid-19, yaitu menghindari virus masuk ke dalam tubuh dengan menjaga jarak, menggunakan masker, tidak menyentuh wajah dan masker sehabis memegang sesuatu, dan menaati protokol kesehatan lainnya. Kemudian, meningkatkan daya tahan tubuh dengan memerhatikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, ada beberapa langkah untuk dilakukan, yaitu mengonsumsi protein, sayur dan buah yang cukup, mengonsumsi multivitamin bila perlu, melakukan aktivitas fisik dan olahraga, menghindari stres, istirahat yang cukup, dan meningkatkan asupan rempah.

Guru Besar di Bidang Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga Institut Pertanian Bogor (IPB) Ali Khomsan menyebutkan, protein berperan sangat penting terhadap imunitas tubuh.

“Karena dia (protein) ternyata meningkatkan antibodi dalam tubuh kita, meningkatkan respons kekebalan tubuh dan membunuh lebih banyak virus atau bakteri yang masuk tubuh,” jelasnya.

Protein dapat bersumber dari tahu, tempe, ikan, daging ayam, daging sapi, telur, dan lain sebagainya. Namun sayangnya, berdasarkan data, belanja rokok oleh masyarakat Indonesia jauh lebih tinggi diaripada belanja daging ayam, pulsa, dan telur.