Pesona Desa Wisata Pandanrejo, salah satu desa terbaik di ADWI 2021

Desa Wisata Pandanrejo memiliki potensi yang tinggi, sehingga harus dimaksimalkan dengan cara memperkuat konten promosi desa.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, berkunjung ke salah satu desa yang berada di Purwerojo, yakni Desa Wisata Pandanrejo. Foto kemenparekraf.go.id

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, berkunjung ke salah satu desa yang berada di Purwerojo, yakni Desa Wisata Pandanrejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. 

Dilansir dari situs resmi milik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, kedatangan Menteri Sandiaga Uno ini dalam rangka visitasi 50 besar desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Menparekraf menilai, Desa Wisata Pandanrejo memiliki potensi yang tinggi, sehingga harus dimaksimalkan dengan cara memperkuat konten promosi desa. Hal ini nantinya akan mampu menarik lebih banyak perhatian para wisatawan untuk dapat berkunjung dan juga dapat menggerakkan ekonomi serta membuka lapangan kerja.

"Salah satu konten promosi yang efektif adalah melalui konten digital. Saya titip konten-konten yang ada dapat diperkuat dan diunggah ke sosial media," ucap Menparekraf dalam keterangan tertulis, setelah meresmikan Desa Wisata Pandanrejo sebagai salah satu Desa Wisata Terbaik ADWI 2021.

Menurut Sandi, salah satu potensi yang dapat dipromosikan dari desa ini adalah pengembangan kambing Etawa khas Kaligesing yang sudah terkenal cukup lama, sejak masa kolonial Belanda pada 1920. Kambing Etawa sendiri berbeda dengan kambing-kambing pada umumnya, kambing Etawa memiliki tubuh yang besar. Bahkan, kambing Etawa sering dijadikan kontes selain pemanfaatan susunya yang dipercaya memiliki deretan khasiat.