Rekomendasi wisata di Bali usai pandemi, 5 destinasi peraih penghargaan Kemenparekraf

Lima destinasi wisata di Bali ini layak menjadi pilihan untuk berlibur saat pandemi berakhir.

Pantai Pemuteran di Kabupaten Buleleng, Bali, pada September 2018. Google Maps/Dewa Bagus Putu Danda

Bagi kamu yang masih membuat daftar to-go-list di Bali ketika pandemi Covid-19 berakhir, kamu bisa menemukan banyak destinasi wisata #DiIndonesiaAja yang telah diberikan penghargaan dengan konsep pariwisata berkelanjutannya oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), loh!

Sebenarnya apa sih konsep pariwisata berkelanjutan? Pariwisata berkelanjutan adalah salah satu konsep pariwisata yang telah diadaptasi Indonesia beberapa tahun belakangan ini.

Beberapa destinasi pariwisata di Bali memenangkan penghargaan pariwisata berkelanjutan Indonesia yang dikenal dengan Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) dari Kemenparekraf. Berikut 5 destinasi di antaranya:

1. Desa Wisata Pemuteran
Desa Wisata Pemuteran terletak di pesisir barat Pulau Bali. Ketika mengunjunginya, wisatawan akan diberikan pengalaman wisata bahari dan berkontribusi langsung untuk menjaga keindahan ekosistem lautnya bersama warga sekitar.

Wisatawan dapat menyelam ke bawah Laut Pemuteran, dan mempelajari cara merevitalisasi terumbu karang melalui metode biorock yang telah terbukti sukses dalam menjaga keindahan panorama bawah laut.