Say I Love You: Mengejar mimpi di sekolah 'kandang ayam' 

Film inspiratif yang diangkat dari kisah nyata ini telah tayang di bioskop sejak pekan lalu.

Potongan adegan dalam Say I Love You. Foto Dok Multi Buana Kreasindo

Sekolah Menengah Atas (SMA) Selamat Pagi Indonesia (SPI) di Batu, Malang, Jawa Timur, sebenarnya tak punya persyaratan ketat dalam menerima calon siswa. Namun, tak semua orang bisa masuk ke sekolah serba gratis itu. Hanya mereka yang berasal dari kalangan yatim dan kalangan papa yang boleh mengenyam pendidikan di sekolah 'kandang ayam' itu.

Di sekolah itulah, Sheren--yang diperankan Dinda Hauw--bertemu Sayydah (Rachel Amanda). Yatim piatu asal Madiun itu terpaksa mengenyam bangku pendidikan di SPI lantaran keterbatasan biaya. Tak jauh berbeda, Sayydah dipaksa ibu tirinya bersekolah di SPI karena alasan ekonomi. 

Meskipun sama-sama miskin, keduanya adalah 'permata' bagi sekolah yang dirintis Julianto Eka Putra (Verdi Sulaiman) alias Koh Jul itu. Tak seperti mayoritas murid SPI yang nakal dan hanya bersekolah karena 'kewajiban', Sheren dan Sayydah masih punya minat belajar yang menggebu-gebu. 

Bagi kaum papa, SPI sebenarnya tergolong sekolah mewah. Selain tak perlu membayar biaya pendaftaran, asalkan mau mengisi bangku sekolah, setiap siswa berhak mendapatkan jatah makan dan tinggal di asrama. Uang saku secukupnya pun disediakan. 

Namun demikian, beragam fasilitas itu ternyata tak membuat para siswa terlecut untuk lebih rajin belajar. Bahkan, kenakalan mayoritas murid SPI kian menjadi-jadi. Para murid pria, salah satunya Robert (Alvaro Maldini), bahkan tak segan-segan teler di lingkungan sekolah saat jam belajar.