Sebelum menerapkan PTM, jangan abaikan ini!

Pemerintah mulai menerapkan dan mengizinkan pembelajaran tatap muka terbatas bagi daerah daerah dengan PPKM level I sampai III.

Perlu peran sekolah dan orang tua untuk mempersiapkan anak selama PTM berlangsung. Foto ilustrasi: IstockPhoto

Pandemi Covid-19 membuat sebagian besar peserta didik terdampak. Pola pembelajaran yang berubah yang awalnya tatap muka menjadi jarak jauh/online, membuat peserta didik menjadi merasa kesulitan selama proses pembelajarannya. Hal ini dibuktikan dengan adanya riset yang yang menyebutkan bahwa saat ini banyak peserta didik/pelajar yang mengalami learning loss.

Kesulitan berkonsentrasi selama pembelajaran, kesenjangan akses, dan lainnya yang menyebabkan pelajar menjadi sulit memahami pembelajaran.

Selain learning loss sudah banyak dari pelajar yang ingin bersekolah kembali dan mau melakukan protokol kesehatan selama proses pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu, pemerintah mulai menerapkan dan mengizinkan pembelajaran tatap muka terbatas bagi daerah daerah dengan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 1 sampai dengan 3.

Sementara itu, satuan pendidikan di wilayah PPKM level 4 tetap melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Seperti halnya yang disebut dalam surat keputusan bersama (SKB) empat menteri, tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Lalu bagaimana seharusnya sekolah dan orang tua bisa menyikapi kebijakan pembelajaran tatap muka terbatas ini? Dan apa saja yang harus dipersiapkan oleh orang tua, guru, maupun juga murid agar pembelajaran tatap muka tetap aman dan juga sehat?