Seberapa dahsyat pengaruh film Siksa Neraka?

Film Siksa Neraka diadaptasi dari komik populer karya MB Rahimsyah.

Reklame film Siksa Neraka produksi Dee Company./Foto Instagram @siksanerakamovie

Beberapa waktu lalu, viral di media sosial pengakuan seorang waria yang ingin insaf usai menonton film Siksa Neraka di sebuah bioskop. Setelah itu, waria asal Indramayu tersebut benar-benar menepati janjinya. Dalam video viral lainnya, ia mengubah penampilan, mengenakan baju koko, sarung, dan peci.

Film Siksa Neraka yang disutradarai Anggy Umbara tersebut dirilis di bioskop pertama kali pada 14 Desember 2023. Film yang diadaptasi dari komik karya MB Rahimsyah yang populer pada dekade 1970-1990-an itu menampilkan adegan-adegan ngeri orang-orang yang disiksa dengan keji.

Singkatnya, film itu mengisahkan empat kakak beradik yang hidup di keluarga religius. Sedari kecil, mereka terbiasa mendengar kisah surga dan neraka. Suatu hari, mereka terkena musibah, terseret arus sungai yang deras kala akan pergi ke desa seberang. Mereka ditemukan meninggal dunia.

Saleh, yang diperankan Rizky Fachrel, tiba-tiba terbangun di dunia lain mirip neraka yang kerap diceritakan ayahnya. Saleh melihat aneka siksaan yang mengerikan. Kakak beradik itu saling mencari, sembari menghadapi siksaan.

Komik dan film