Sebetulnya, apa sih yang dinamakan financial planning?

Inti perencanaan keuangan adalah uang yang disimpan dari masa produktif, sampai nanti dapat mewariskannya.

Ilustrasi. Pixabay

Perencanaan keuangan identik dengan investasi. Tetapi sebenarnya apa sih perencanaan keuangan? Perencanaan keuangan atau financial planning merupakan proses yang komperehensif, dari pertama kali seseorang menghasilkan uang sebagai fresh graduate, dan menyisihkannya sampai pensiun dan mewariskannya.

Intinya, perencanaan keuangan itu adalah uang yang kamu simpan dari masa produktif, sampai kamu dapat mewariskannya.

Perencana keuangan Annisa Steviani mengatakan, inti perencanaan keuangan adalah uang yang disimpan dari masa produktif, sampai nanti dapat mewariskannya. Jadi, bukan berarti sudah melakukan investasi, sudah merencanakan keuangan.

Annisa menjelaskan, perencanaan keuangan idealnya dilakukan sejak masih berstatus sebagai mahasiswa. Jadi, mahasiswa menyiapkan diri sehingga nantinya dipekerjaan pertama sudah mengtahui bagaimana mengelola keuangannya, dan tidak kalap ketika mendapatkan gaji pertama.

“Aku selalu menyarankan untuk sejak masih kuliah, lebih baik belajar untuk financial planning sehingga di pekerjaan pertama kita udah tau nih uang kita akan dipakai untuk apa,” katanya dalam siaran virtual, beberapa waktu lalu.