Strategi menebar ketakutan untuk memenangkan pemilu presiden

Strategi calon presiden agar menang dengan cara menebar ketakutan negara akan krisis, utang menumpuk, hingga serbuan dari asing.

Diprediksi pertarungan Prabowo dan Jokowi akan terjadi lagi pada Pilpres 2019/ Istimewa

Pemilu presiden sebentar lagi. Strategi pemenangan sudah dirancang sedemikan rupa agar kandidat yang diusung keluar sebagai jawara.

Seorang calon presiden yang dikenal arogan, tidak disukai, temperamental, dan segala sifat negatif pada dirinya, akan bertarung dalam pemilu presiden langsung. Popularitasnya hanya 3%, jauh berada di posisi ke-8 dibandingkan dengan calon lainnya. Padahal, waktu hanya 90 hari lagi menjelang pemilu presiden.

Itu adalah kisah dalam film "Our Brand is Crisis" yang rilis pada 2015. Film fiksi yang diterjemahkan dari dokumenter pemilihan presiden Bolivia 2002 itu dibintangi oleh Sandra Bullock, Billy Bob Thornton, dan Anthony Mackie, mengisahkan pertarungan politik menjelang pilpres.

Film dokumenter mantan presiden Bolivia Gonzalo Sánchez de Lozada itu dibuat dengan judul yang sama dan rilis pada 2005. Kali ini, produser George Clooney dan Grant Heslov itu membungkus drama komedi politik satir. 

Dikisahkan, pada 2002, politisi Bolivia yang tidak populer bernama Pedro Castillo, merekrut konsultan politik asal Amerika Serikat demi memenuhi ambisinya. Jane Bodine (Sandra Bullock), yang sebenarnya sudah pensiun dari dunia konsultan, akhirnya dikirim untuk menjadi tim strategi Castillo.