Supaya resolusi tahun baru tak sia-sia

Seseorang biasanya menyusun resolusi saat tahun baru untuk kehidupan lebih baik.

Ilustrasi tahun baru./Foto nidan/Pixabay.com

Awal tahun baru merupakan kesempatan bagi banyak orang untuk menetapkan tujuan hidup yang baru dan berkomitmen pada kebiasaan yang lebih baik. Dikutip dari Forbes, survei terbaru dari Forbes Health dan One Poll terhadap 1.000 orang dewasa di Amerika Serikat—dilakukan pada 23 Oktober 2023—menemukan, resolusi tahun baru 2024 yang paling sering disebut responden adalah kebugaran (48%).

Temuan ini berbeda dengan temuan tahun sebelumnya. Suvei Forbes Health dan OnePoll untuk tahun baru 2023 menemukan, banyak orang yang memprioritaskan kesehatan mental, dibandingkan kesehatan fisik.

Sedangkan 38% responden menyatakan peningkatan keuangan sebagai resolusi utama tahun 2024, lalu 36% responden peningkatan kesehatan mental, 34% penurunan berat badan, dan 32% perbaikan pola makan.

“Secara keseluruhan, 80% responden merasa yakin dengan kemampuan mereka untuk mencapai resolusi, dan hanya 6% yang kurang percaya diri,” tulis Forbes.

Lantas, mengapa orang merasa perlu membuat resolusi untuk tahun baru? Menurut fasilitator di Thomas F. Chapman Family Cancer Wellness, Dennis Buttimer dalam Piedmont, resolusi dibuat karena kebanyakan orang menginginkan kesempatan kedua untuk meningkatkan kualitas hidup.