Syarat mendaki Gunung Sindoro saat pandemi Covid-19

Ketentuan diperketat guna meminimalisasi penularan.

Suasana pendaftaran pendakian Gunung Sindoro di Basecamp Grasindo, Kabupaten Temanggung, Jateng, Senin (10/8/2020). Dokumentasi Pemprov Jateng

Pendakian menuju Gunung Sidoro melalui Basecamp Grasindo di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (Jateng), telah kembali dibuka. Namun, sejumlah prosedur diterapkan guna meminalisasi risiko penularan coronavirus baru (Covid-19).

Pendaki diharuskan melaksanakan protokol kesehatan, misalnya suhu tubuh dicek dan membawah surat kesehatan. Pun mesti melengkapi dokumen penilaian mencakup aktivitas keseharian, perjalanan, dan riwayat penyakit serta melaporkannya ke Gugus Tugas, Polsek, dan Koramil Temanggung. 

Kelengkapan yang dipersyaratkan diharapkan telah disiapkan sebelum mulai pendakian. Pangkalnya, basecamp tidak menyediakan tenaga kesehatan untuk mengeluarkan dokumen terkait.

"Karena tidak semua puskesmas (pusat kesehatan masyarakat) bisa mengeluarkan surat keterangan kesehatan," ucap Ketua Basecamp Grasindo, Rian Indra Prayuda, mengutip situs web Pemerintah Provinsi Jateng.

Berikutnya, tenda hanya digunakan 50% pendaki dari total kapasitas, diwajibkan membawa pembersih tangan dan minimal empat masker per orang.