Ternyata lelaki lebih lemah di masa sulit, ini faktanya !

Menurut penelitian, perempuan dapat hidup lebih lama dibandingkan laki-laki di masa sulit.

Ilustrasi/Pexels.com

Perempuan memiliki harapan hidup lebih lama dibandingkan laki-laki dalam keadaan normal. Itu fakta lama. Kini sebuah penelitian baru menemukan bahwa perempuan juga hidup lebih lama dibandingkan laki-laki, bahkan di masa sulit sekalipun. Demikian hasil sebuah studi dari Denmark dan Jerman.

Setelah melihat kembali riwayat harapan hidup, para periset menemukan bahwa rata-rata harapan hidup perempuan lebih lama saat menghadapi masa sulit, termasuk kelaparan dan epidemi dibandingkan laki-laki. “Memang, penelitian tersebut menemukan bahwa bahkan dalam kondisi yang sangat keras dan kritis sekalipun, perempuan memiliki keunggulan dalam bertahan hidup,” kata pemimpin penelitian Virginia Zarulli yang juga merupakan asisten profesor di Institute of Public Health, University of Southern Denmark. 

Tidak jelas mengapa perempuan juara dalam hal itu. Namun penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa dalam kondisi normal, faktor biologis memainkan peranan penting, bersamaan dengan faktor lingkungan dan perilaku. “Hanya ada sedikit bukti tentang perempuan lebih mampu bertahan hidup dibandingkan laki-laki di bawah kondisi kritis dan sangat mengancam jiwa,” kata Virginia. 

Karena itu, para peneliti memutuskan untuk menyelidiki situasi ini guna melihat perbedaan signifikan antara faktor biologis dan lingkungan. Para peneliti menganalisis data yang dikumpulkan antara tahun 1772-1939, dari tujuh populasi yang menghadapi kesulitan yang ekstrem. Secara khusus, para peneliti melihat data harapan hidup dan tingkat kematian dari kelompok yang menghadapi kelaparan, penyakit, dan perbudakan selama masa-masa sulit seperti kelaparan di Irlandia pada 1845-1849, epidemi campak di Islandia pada 1846 dan 1882, serta perbudakan di Trinidad pada awal abad ke-19.

Dari tujuh populasi yang dianalisis, ditemukan bahwa perempuan bertahan hidup lebih lama dibandingkan laki-laki. “Studi tersebut menemukan bahwa perempuan hidup lebih lama enam bulan sampai empat tahun, dibandingkan laki-laki,” kata Virginia.