Tidak ada istilah “terlalu tua” memulai terapi kesehatan

Tak perlu sungkan atau malu sebab terapi kesehatan baik mental maupun fisik dapat dimulai di usia berapapun.

Ilustrasi. iStock

Seringkali kita mendengar bahwa penuaan akan mengubah cara hidup, termasuk mengubah bagaimana tubuh terlihat dan bekerja. Implikasinya peran orang tua di tempat kerja dan keluarga dapat berubah yang tak jarang juga mengubah harga diri.

Jika rasa kehilangan kepercayaan diri di usia senja itu bisa mengakibatkan depresi, inilah saatnya bagi Anda untuk memulai terapi. Tak perlu sungkan atau malu sebab terapi kesehatan baik mental maupun fisik dapat dimulai di usia berapapun.

Media kesehatan Healthline Kamis (16/12) menyebutkan, pada 2019 hampir 15% orang dewasa berusia di atas 45 tahun di Amerilka mengunjungi terapis. Sejak pandemi, layanan terapi bagi warga lanjut usia meningkat tajam seiring kesadaran adanya hubungan penting antara kesehatan fisik dan mental. Stigma seputar terapi pun semakin berkurang.

Terapi dapat memberi bekal menghadapi perubahan

Hormon manusia berfluktuasi sepanjang tahap kehidupan. Ketika estrogen, testosteron, dan hormon lainnya berkurang akan mempengaruhi berbagai hal mulai dari kebiasaan tidur hingga kehidupan seks.