Tiga kemampuan yang harus dikuasai jika ingin expert di suatu bidang

Tidak hanya penting untuk mencari pekerjaan atau menentukan jurusan kuliah, tetapi juga memiliki peranan besar dalam keseharian.

Ilustrasi. Freepik

Seiring berkembangnya teknologi dan perubahan zaman, kemampuan manusia juga harus terus disesuaikan sesuai kebutuhan. Apalagi, semua orang berlomba-lomba untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuannya. 

Tidak hanya penting untuk mencari pekerjaan atau menentukan jurusan kuliah, tetapi kemampuan ini juga memiliki peranan besar pada keseharian kita.

Saat ini, sistem pendidikan cenderung menekankan kepada ilmu pengetahuan (knowledge) daripada keterampilan (skill) sehingga kita terbiasa menghafal dibandingkan mengerti konsep. Padahal, keterampilan fundamental (logika, matematika dasar, membaca, dan penalaran ilmiah) sangat penting untuk dikuasai setiap orang sebelum menguasai kemampuan lainnya.

Melansir Zenius, terdapat tiga macam hal yang wajib dikuasai apabila ingin menjadi expert di suatu bidang.

Fundamental skills
Kemampuan dasar (fundamental skills) adalah kemampuan yang sifatnya teknikal. Kemampuan ini sangat menentukan bagaimana cara seseorang berpikir dan mengelola informasi. Ada tiga hal penting yang termasuk dalam kategori ini, yaitu:
1. Berpikir kritis (critical thinking) yang merupakan kemampuan mencerna informasi dengan benar. Walau semua orang merasa bisa berpikir, tetapi tidak semua orang dapat berpikir secara logis.