Tiga Tim laboratorium Covid-19 FKKMK UGM jelaskan 3 pengertian pengembangan vaksin

Immunogenecity adalah kemampuan suatu substansi dalam memicu respons imun dari tubuh manusia atau hewan lainnya.

ilustrasi. Istimewa

Tim Laboratorium Covid-19 FKKMK UGM, Mohamad Saifudin Hakim, mengatakan, terdapat tiga pengertian pengembangan vaksin. Ketiganya adalah, vaccine efficacy, effectiveness, immunogenicity.

Vaccine efficacy. Hakim menjelaskan, kemampuan dari vaksin untuk mengurangi angka penyakit. Tentunya sudah dilakukan uji klinis. Efikasi ini merupakan seberapa besar kemampuan vaksin tersebut, untuk mengurangi angka kejadian penyakit yang sedang dikembangkan vaksin.

“Vaccine efficacy atau efikasi dari suatu vaksin. Efikasi vaksin ini adalah kemampuan dari vaksin tersebut untuk mengurangi angka beban penyakit dan ini diperoleh dari uji klinis,” jelasnya.

Hal itu diungkapkan Hakim, dalam acara yang bertajuk “Omicron Varian XBB , Akhir Pandemi atau Gelombang Baru Covid-19?” oleh KAGAMA secara virtual, Sabtu (5/11).

Kedua, effectiveness. Ia menjelaskan pada effectiveness ketika vaksin tersebut itu lolos uji klinis, kemudian diterapkan dalam suatu masyarakat, seberapa besar pengurangan suatu penyakit tersebut setelah vaksin tersebut dipakai.