TIPS KEUANGAN: Bijak atur persiapan berlibur

Mengambil masa jeda untuk berlibur umumnya menjadi sebuah kebutuhan masyarakat perkotaan. Simak tips bijak atur liburan.

Merencanakan liburan. / Istimewa

Mengambil masa jeda untuk berlibur umumnya menjadi sebuah kebutuhan masyarakat perkotaan. Padatnya kesibukan, baik dalam pekerjaan, sekolah, dan aktivitas lainnya menjadikan pelesir sebagai salah satu kebutuhan yang bermanfaat untuk melepas kejenuhan.

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan masa libur akhir pekan atau libur panjang dengan bepergian ke tempat yang jauh, penting untuk menyusun rencana berlibur dengan tepat. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melaksanakan perjalanan wisata untuk berlibur.

Seorang penulis blog wisata, Ashari Yudha, mengatakan, tahap pertama dan paling penting dilakukan dalam perencanaan liburan adalah memperkirakan biaya pengeluaran dengan anggaran pribadi. 

Dari pengalamannya berwisata keliling beberapa kota di Indonesia, dia akan lebih dulu menentukan tanggal keberangkatan. Jadwal keberangkatan ini harus disesuaikan dengan durasi atau jangka waktu berlibur dan tempat-tempat wisata yang akan dikunjungi.

Tak kalah penting, setiap perubahan harga tiket masuk tempat wisata dan tiket transportasinya harus dicek secara berkala. “Perhitungkan budget detail dengan sering mengecek Google, berapa harga tiket masuk wisata dan ongkos transportasi. Ini akan membantu banget liburan agar tidak melebihi budget,” kata Ashari yang mendirikan portal daring Catatan Backpacker yang menyediakan informasi dan tips berwisata.