WHO promosikan uji coba pengobatan herbal coronavirus

WHO telah mengizinkan uji coba pengobatan herbal untuk penanganan Covid-19.

Ilustrasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).Pixabay

Hampir di negara seluruh dunia sedang berjuang melawan Covid-19. Fasilitas medis, rumah sakit, ilmuwan, dan beberapa organisasi turun langsung ke lapangan untuk bekerja sepanjang waktu dengan harapan dapat mengembangkan obat atau vaksin yang efektif untuk Covid-19. 

Virus ini menimbulkan beberapa gejala ringan hingga sangat berat. Menurut laporan terbaru dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, organisasi ini telah mengizinkan uji coba pengobatan herbal untuk penanganan Covid-19.

Salah satunya pengujian obat-obatan herbal yang berasal dari Afrika, yang diduga berpotensi mengobati coronavirus dan epidemi lainnya.

Direktur Regional WHO Prosper Tumusiime mengatakan, jika ada produk obat tradisional yang ditemukan aman, berkhasiat, dan terjamin kualitasnya, maka WHO akan merekomendasikan itu untuk manufaktur lokal skala besar yang dilacak dengan cepat.

Untuk kebutuhan itu, WHO bekerja sama dengan Regional Expert Committee on Traditional Medicine for Covid-19, untuk pengesahan penggunaan jamu. Tak hanya itu, WHO juga bekerja sama dengan Africa Center for Disease Control and Prevention dan Komisi Uni Afrika untuk Urusan Sosial. Hasilnya, uji fase ketiga obat tradisional yang berasal dari Afrika telah diberikan lampu hijau oleh WHO.