Biang keladi gelombang 3 Covid-19

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan ledakan kasus Covid-19.

Ilustrasi gelombang ketiga Covid-19. Alinea.id/Firgie Saputra.

Nadia khawatir terjadi lonjakan kasus Covid-19 kembali. Sebab, transmisi virus terjadi seiring dengan tingginya aktivitas masyarakat. Lonjakan kasus Covid-19 tak mustahil bakal terjadi. Belakangan, negara-negara tetangga, seperti Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Australia mengalami lonjakan kasus Covid-19 yang tinggi.

Indonesia sendiri sudah mengalami gelombang pertama Covid-19 pada Januari 2021 dan gelombang kedua pada Juli 2021. Saat konferensi pers secara virtual pada Selasa (21/9), juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mewanti-wanti gelombang ketiga di Indonesia. Ia memprediksi, akan terjadi lonjakan kasus Covid-19 tiga bulan ke depan, yakni ketika memasuki libur Natal dan Tahun Baru 2022.

Di sisi lain, Nadia mengingatkan, peningkatan mobilitas akan selalu berpotensi terhadap peningkatan laju penularan virus. “Sering kali, ketika kondisi Covid-19 menurun, masyarakat abai bahkan kendur terhadap protokol kesehatan. Ini selalu terjadi dan tidak kita hindari,” tutur Nadia.