Kampanye Bangga Buatan Indonesia dorong UMKM naik kelas

Marketplace mempermudah jalan UMKM untuk go digital.

Ilustrasi Alinea.id/Bagus Priyo.

Sejak Mei 2020, pemerintah giat mengampanyekan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) demi mendorong UMKM bisa naik kelas. Kampanye ini, menurut Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki adalah salah satu upaya pemerintah untuk membantu UMKM bertahan di tengah pandemi.

Dengan jumlah penduduk Indonesia yang saat ini mencapai 271,34 juta jiwa, dia optimistis, omzet penjualan UMKM akan tetap meningkat di tengah daya beli masyarakat yang tergerus akibat dampak pandemi.

“Jika kita semua membeli kebutuhan sehari-hari menggunakan produk Indonesia, itu bisa membuat UMKM kita bertahan di tengah pandemi,” ujar Teten pada peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Senin (11/1).

Gerakan BBI ini juga menggandeng sejumlah pemangku kepentingan. Salah satu pihak yang mendukung gerakan BBI adalah perusahaan teknologi Tokopedia. 

Tokopedia mencatat gerakan BBI telah membawa dampak positif bagi banyak UMKM lokal. Contohnya, Wateru dan Whitelab, dari kategori Kesehatan dan Kecantikan, yang mencatat kenaikan rata-rata transaksi bulanan lebih dari empat kali lipat.