sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kampanye Bangga Buatan Indonesia dorong UMKM naik kelas

Marketplace mempermudah jalan UMKM untuk go digital.

Qonita Azzahra
Qonita Azzahra Jumat, 29 Jan 2021 19:06 WIB
Kampanye Bangga Buatan Indonesia dorong UMKM naik kelas
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Sejak Mei 2020, pemerintah giat mengampanyekan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) demi mendorong UMKM bisa naik kelas. Kampanye ini, menurut Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki adalah salah satu upaya pemerintah untuk membantu UMKM bertahan di tengah pandemi.

Dengan jumlah penduduk Indonesia yang saat ini mencapai 271,34 juta jiwa, dia optimistis, omzet penjualan UMKM akan tetap meningkat di tengah daya beli masyarakat yang tergerus akibat dampak pandemi.

“Jika kita semua membeli kebutuhan sehari-hari menggunakan produk Indonesia, itu bisa membuat UMKM kita bertahan di tengah pandemi,” ujar Teten pada peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Senin (11/1).

Gerakan BBI ini juga menggandeng sejumlah pemangku kepentingan. Salah satu pihak yang mendukung gerakan BBI adalah perusahaan teknologi Tokopedia. 

Tokopedia mencatat gerakan BBI telah membawa dampak positif bagi banyak UMKM lokal. Contohnya, Wateru dan Whitelab, dari kategori Kesehatan dan Kecantikan, yang mencatat kenaikan rata-rata transaksi bulanan lebih dari empat kali lipat.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah, Tokopedia Astri Wahyuni mengatakan bahwa Tokopedia secara konsisten berkolaborasi dengan para mitra strategis untuk memberikan panggung seluas-luasnya kepada para pegiat usaha lokal, khususnya UMKM.

Alinea.id mengulas peran marketplace dalam mendorong UMKM menuju digital dalam artikel ini.

Sponsored
Berita Lainnya