Membaca citra dan popularitas FPI dari mata media

Popularitas FPI terus merangkak naik, seiring dengan masifnya pemberitaan soal mereka di media massa. Bagaimana media menilai citra FPI?

Menurut temuan survei LSI, jika ikut pemilu 2019, sekitar 13% responden akan memilih FPI. Responden terbagi dalam kategori agama yakni pemeluk agama Islam (89%), Protestan/Katolik (8.8%), dan lainnya (2,1%). Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara.

Popularitas FPI juga dibuktikan lewat riset yang dibuat Alvara Research Center. Mereka bahkan menyebut, popularitas FPI laik disandingkan dengan dua organisasi Islam besar lain yakni NU dan Muhammadiyah.

Popularitas FPI terus naik, seiring dengan pemberitaan di media massa yang lumayan massif. Tim riset Alinea merangkum dalam setahun terakhir, pemberitaan FPI banyak menghiasi media daring nasional dan media cetak dengan sentimen negatif dan positif yang bersaing rapat.