Peran marketplace bantu UMKM kala pandemi

Marketplace menjadi fasilitator bagi UMKM untuk berkembang meski di tengah pandemi.

Ilustrasi Alinea.id/Bagus Priyo.

Pandemi Covid-19 tak hanya berdampak pada kesehatan umat manusia. Virus SARS-Cov-2 ini turut menyerang sendi perekonomian, tak terkecuali Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Namun, kehadiran marketplace telah membantu pelaku usaha untuk bangkit di saat pandemi. Saluran penjualan dari sejumlah kanal telah bergeser ke platform marketplace sejak Covid-19 masuk ke Indonesia.

Salah satunya, lokapasar besutan anak bangsa; Tokopedia. Marketplace bercorak hijau ini menjadi platform paling diminati baik sebelum maupun saat pandemi.

Riset Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) pada 2020, mencatat sebanyak 7 dari 10 pelaku usaha di Tokopedia mengalami kenaikan volume penjualan dengan median sebesar 133%.

Alinea.id mengulas riset LPEM FEB UI terkait peran marketplace terhadap UMKM di masa pandemi dalam artikel ini.