Ibu Kota: Gotong royong atau pindah?

Banjir dan kemacetan yang membebani Jakarta menjadi pemicu rencana kebijakan pemindahan ibu kota.

Rahmat Yananda/Alinea.id

Banjir dan kemacetan yang membebani Jakarta menjadi pemicu rencana kebijakan pemindahan ibu kota. Rencana pemindahan ibu kota juga dimaksudkan untuk pemerataan pembangunan. 

Kepala Bappenas dalam keterangannya menyampaikan, Presiden Jokowi (Joko Widodo) memutuskan untuk memindahkan Ibu kota Indonesia ke luar Pulau Jawa. Keputusan tersebut mempertimbangkan agar Indonesia tidak Jawa sentris dan diharapkan nantinya pertumbuhan ekonomi bisa merata di setiap wilayah.

Rencana pemindahan ibu kota telah terjadi semenjak era Presiden Sukarno, Soeharto, Susilo Bambang Yudhoyono, dan sepertinya akan dilakukan di pemerintahan Presden Jokowi. Peluang pemindahan ibu kota semakin besar jika Jokowi terpilih kembali menjadi Presiden RI 2019-2024.

Ibu kota akan dipindahkan dari Jakarta. Jakarta adalah pemerintah daerah setingkat provinsi yang memiliki status khusus secara administrasi. Jakarta adalah bagian dari region perkotaan Jabodetabek. 

Keberadaan Jakarta saling mempengaruhi dengan provinsi, kota dan kabupaten di Bodetabek secara ekologi, ekonomi, dan sosial. Keberadaan Jakarta dipengaruhi oleh kerja sama antara pemerintah daerah di Bodetabek.