Kartu-kartu capres petahana

Calon petahana sudah membagikan kartu Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Pada 24 Februari 2019, saat pidato di acara Konvensi Rakyat Optimis Indonesia Maju, Capres petahana pamer program baru yang akan dijalankan bila nanti terpilih kembali. Capres petahana ingin melakukan lebih banyak lagi untuk kesejahteraan rakyat. Jalannya dengan membagi-bagikan kartu. 

Selama ini, calon petahana sudah membagikan kartu Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Lalu calon petahana menjanjikan, akan ada pembagian Kartu Sembako Murah. Kartu baru lainnya, adalah KIP Kuliah yang merupakan program lebih lanjut dari KIP. KIP Kuliah ini, akan dapat membantu biaya pendidikan hingga tingkat kuliah. Membantu biaya pendidikan dari anak usia dini hingga sampai kuliah.

Capres petahana kemudian mengenalkan satu kartu lainnya, yaitu Kartu Pra-Kerja. Kartu Pra-Kerja ini dijanjikan berfungsi memfasilitasi pelatihan kerja bagi para pencari kerja.

Apa yang disampaikan calon petahana tersebut, bertolak belakang dengan apa yang disampaikan melalui cuitan di akun sosmed yang bersangkutan. Lewat akun Twitter-nya, pada 14 Desember 2018 lalu, @jokowi mengatakan, “Kalau mau menyenangkan semua orang, tinggal menyebar subsidi, bansos, atau BLT sebanyak-banyaknya.