Ramadan ceria, hanya perlu lima menit berhitung

Kendati konsumsi makanan dan minuman sepertinya berkurang drastis pada saat Ramadan, namun pengeluaran yang tercatat biasanya lebih besar

dokumen pribadi

* Independent Wealth Management Advisor

Sebentar lagi kita akan menyongsong Ramadan, sebuah momentum yang sangat ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Semua persiapan telah dilakukan guna mempersiapkan Ramadan yang menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga.

Persiapan yang matang harus dilakukan. Mengingat walaupun konsumsi makanan dan minuman sepertinya berkurang drastis pada saat Ramadan, namun pengeluaran yang tercatat pada akhir periode biasanya terlihat lebih besar dibandingkan bulan lainnya. Selain mempersiapkan mental, persiapan keuangan juga perlu dilakukan. Persiapan keuangan yang paling mudah untuk dilakukan, hanyalah perlu lima menit berhitung. 

Tidak dapat dipungkiri pengeluaran yang tinggi selama Ramadan dipengaruhi berbagai internal dan eksternal faktor. Sebagai negara dengan komunitas muslim terbesar di dunia, masyarakat muslim Indonesia menyambut Ramadan sebagai sebuah perayaan besar.

Oleh karenanya, tidak dapat dipungkiri bila pada periode ini, sering terjadi kelangkaan beberapa komoditi utama. Seperti pangan dan bahan bakar akibat permintaan yang melonjak sehingga harga melonjak. Melonjaknya harga komoditi ini mengakibatkan tren inflasi yang terjadi pada Ramadan biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan bulan lainnya.