9 tips untuk menumbuhkan bisnis melalui strategi hubungan masyarakat

Inti dari Humas/PR (Hubungan Masyarakat/Public Relations) adalah upaya kolaboratif untuk menciptakan kampanye dan strategi.

Ilustrasi. Foto Pixabay.

Jenna Guarneri, Pendiri dan CEO JMG Public Relations, sebuah firma PR pemenang penghargaan untuk para inovator dan perusahaan rintisan yang digerakkan oleh misi mereka menuliskan opininya di Forbes, begini:

Inti dari Humas/PR (Hubungan Masyarakat/Public Relations) adalah upaya kolaboratif untuk menciptakan kampanye dan strategi yang membantu membangun dan mempertahankan citra positif untuk bisnis, serta menghubungkan mereka dengan audiens target mereka.

Strategi PR yang efektif dan efisien adalah landasan untuk mencapai kesuksesan. Mereka harus kreatif dalam pendekatan mereka dan layak diberitakan dalam pesan mereka. Dialog yang menarik akan merebut perhatian audiens dan mengomunikasikan pesan secara keseluruhan, tetapi memiliki topik yang menarik yang berkaitan dengan perusahaan atau merek adalah yang memungkinkan para eksekutif untuk membangun diri mereka sendiri, bersama dengan bisnis mereka, sebagai pemimpin dalam industri mereka.

Di dalam PR ada tiga rangkaian saluran media — dimiliki, dibayar, dan diperoleh — yang bekerja bersama-sama untuk memiliki kampanye media yang sukses.

Setiap hari, ribuan rintisan kecil dan perusahaan menengah melakukan kampanye PR. Untuk benar-benar sukses di arena ini, dedikasi dan komitmen, serta memiliki pemahaman yang kuat tentang apa yang dibutuhkan PR, adalah penting. Tetapi PR juga bisa mahal, terutama untuk perusahaan rintisan dan bisnis yang menjalankan operasi ramping.