AJI gelar pelatihan mengungkap berita hoaks di kantor Alinea.id

Dalam pelatihan, turut disosialisasikan cara memverifikasi dan menganalisa sebuah informasi yang beredar di media sosial.

Para wartawan Alinea.id mengikuti pelatihan terkait pengungkapan informasi hoaks. Mamtha/Alinea.id

Bekerja sama dengan Google News Initiative dan Internews, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menyelenggarakan Google News Initiative Training Network di kantor Alinea.id di Jakarta selama dua hari berturut-turut pada Jumat, (11/4) sampai Sabtu, (12/4). 

Pelatihan yang dihadiri sejumlah jurnalis Alinea.id tersebut diharapkan dapat memudahkan kerja jurnalistik dalam menyaring sekaligus menggali sebuah berita atau informasi yang beredar di masyarakat. Dengan demikian, berita bohong atau hoaks dapat dibendung. 

Dalam pelatihan ini, turut disosialisasikan cara memverifikasi dan menganalisa sebuah informasi yang beredar di media sosial. Caranya tentu saja tak mudah, perlu kemampuan dan bantuan alat-alat untuk mengungkap kebenaran informasi tersebut. 

“Menjelang pilpres, produksi hoaks itu luar biasa. Kita berharap dengan adanya Google News Initiative ini jurnalis tidak menjadi agen penyebar informasi palsu,” kata pengajar yang bekerja di salah satu stasiun televisi swasta, Afwan Purwanto.

Sebelum membuat sebuah berita, Afwan mengatakan, seorang jurnalis terlebih dahulu perlu melakukan verifikasi. Tak hanya pada seorang narasumber, tetapi juga isi konten yang ada dalam dokumen tersebut baik berupa video maupun foto.