Al-Sharekh, pengembang pertama sistem komputer berbahasa Arab meninggal dunia

Al-Sharekh menerima banyak penghargaan atas karyanya sepanjang karirnya.

Pada tahun 2021, Al-Sharekh dianugerahi Penghargaan Internasional Raja Faisal, penghargaan paling bergengsi di dunia Muslim. (SPA)

Mohammad Al-Sharekh, pengusaha Kuwait yang membuat sejarah dengan menjadi orang pertama yang mengembangkan sistem operasi komputer berbahasa Arab, meninggal pada Rabu (6/3) di usia 82 tahun.

Dewan Nasional Kebudayaan, Seni dan Sastra Kuwait menyatakan di X: “Sekretariat Jenderal menyampaikan belasungkawa Yang Mulia Menteri Penerangan dan Kebudayaan, Ketua Dewan Nasional Kebudayaan, Seni, dan Sastra, Bapak Abdul Rahman Badah Al- Mutairi, serta pimpinan dan pegawai Dewan kepada keluarga dan kekasih almarhum atas tragedi ini.”

Pada awal tahun 1980-an, sebagian besar komputer dirancang khusus untuk penutur bahasa Inggris, sehingga menimbulkan hambatan besar bagi mereka yang berbicara bahasa lain. Al-Sharekh melihat ini sebagai tantangan dan mendedikasikan dirinya untuk mencari solusi.

Setelah bertahun-tahun melakukan penelitian dan pengembangan, ia menciptakan antarmuka berbahasa Arab pertama untuk komputer.

Pada tahun 1980, ia mendirikan Al-Alamiah Group dengan kantor pusat di Kuwait dan mendirikan Sakhr Software Company pada tahun 1982, yang muncul sebagai pemimpin dalam penelitian dan pengembangan pemrosesan berbahasa Arab.