Demonstrasi mahasiswa dan pelajar RI di DPR disorot dunia

Aksi unjuk rasa ribuan mahasiswa dan pelajar untuk memprotes RUU kontroversial di DPR dan sejumlah daerah disorot dunia.

Aksi unjuk rasa ribuan mahasiswa dan pelajar untuk memprotes RUU kontroversial di DPR dan sejumlah daerah disorot dunia. / Antara Foto

Aksi unjuk rasa ribuan mahasiswa dan pelajar untuk memprotes RUU kontroversial di DPR dan sejumlah daerah disorot dunia.

Majalah Time menurunkan judul Ribuan pelajar Indonesia protes pembatasan KPK. Dalam artikelnya yang rilis pada Senin (30/9), disebutkan aksi unjuk rasa terjadi saat anggota DPR menggelar sidang paripurna untuk terakhir kalinya.

Bentrokan antara mahasiswa-pelajar dengan polisi anti huru hara pecah pada malam hari saat aparat berupaya membubarkan massa. Pengunjuk rasa membakar ban, melempari polisi dengan batu, bom molotov, dan petasan.

Polisi anti huru hara merespons dengan menembakkan gas air mata dan meriam air. Kejadian serupa juga terjadi di Bandung, Makassar, hingga Solo, Jawa Tengah. 

Demonstran sangat marah karena parlemen mengesahkan Undang-undang yang memperlemah wewenang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). KPK merupakan badan yang penting untuk memerangi korupsi yang terjadi secara endemik di Indonesia.