Di jalur lurus, pers membersihkan kabar bohong

Pers punya peranan penting untuk melawan hoaks di tengah masyarakat, menurut Puan.

Puan Maharani . Foto Dok Istimewa

Pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari, Ketua DPR RI Puan Maharani mengapresiasi kerja-kerja jurnalistik yang dilakukan media massa dalam melawan berita bohong.

Pers punya peranan penting untuk melawan hoaks di tengah masyarakat, menurut Puan.

Ke ruang-ruang publik lewat berbagai platform digital, infodemi atau banjir informasi tak terkendali telah menyebar. Masyarakat akibatnya banyak terpapar hoaks.

"Di era digital, infodemi atau banjir informasi tak terkendali menyebar ke ruang-ruang publik lewat berbagai platform digital, sehingga masyarakat terpapar hoaks. Contohnya, hoaks tentang vaksin. Media massa mempunyai tugas penting untuk meluruskan misinformasi dan hoaks-hoaks tersebut. Jurnalisme harus hadir sebagai lembaga clearing house untuk memverifikasi isu-isu yang beredar di masyarakat," kata perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI.

Dikatakan, membantu masyarakat mendapat informasi yang akurat merupakan tantangan pekerja jurnalistik saat ini. Demi memverifikasi isu-isu yang beredar luas, media massa harus hadir sebagai lembaga clearing house.