Diserang doxxing, jurnalis bisa kena mental

Hampir semua rata-rata sama bahwa doxxing itu adalah penyebaran identitas individu tanpa persetujuan dari pemilik.

ilustrasi. Istimewa

Bagaimana mengenali doxxing dan apa saja mitigasi yang bisa dilakukan? Menurut kondisi yang dihadapi Indonesia dalam konteks dua tahun terakhir di 2020 dan 2021 dalam catatan SAFEnet ditemukan khususnya tentang berapa kali suatu insiden terjadi

"Kita menemukan bahwa puncak-puncak serangan itu seringkali terjadi bersamaan dengan momentum politik. Jadi, ada satu pandangan yang beredar di kami, di para peneliti juga, melihat data tersebut memperlihatkan bahwa motif politik itu mendukung banyaknya serangan siber yang terjadi," kata Direktur SAFEnet Damar Juniarto, salah satu lembaga yang banyak melakukan pencatatan digital.

Damar berbicara dalam episode 2 Media Lab gelaran Dewan Pers bertajuk 'Dampak Doxing terhadap Jurnalis dan Solusinya' membahas perkembangan tren terkini dari sejumlah isu jurnalistik, Selasa (26/4).

Ia menyebutkan, misalnya banyak kegiatan aksi mahasiswa yang turun ke jalan dan ternyata mereka pada saat melakukan aksi mengaku mendapat serangan digital.

Dikatakan, derajat dan serangan siber sebenarnya perlu dipahami sebagai sesuatu yang khas terutama karena kalau serangan ini memang ditargetkan tepat kepada orang-orang dengan prasarana teknologi digital. Cara serangannya mungkin berbeda-beda seiring dengan teknologi yang juga semakin maju, tetapi yang selalu tetap atau selalu konstan itu adalah niat jahat dari pelaku serangan dan dampak dari serangan tersebut.