Facebook miliki program VIP yang mungkinkan selebriti hindari moderasi

Karyawan di Facebook tampaknya telah menyadari bahwa XCheck bermasalah untuk beberapa waktu.

Ilustrasi. foto Pixabay

Selama bertahun-tahun, Facebook telah mengoperasikan program kurang dikenal yang disebut "XCheck," yang memungkinkan selebritas, politisi, dan anggota elit Amerika lainnya untuk menghindari jenis kebijakan moderasi yang dikenakan oleh rata-rata pengguna, sebuah laporan baru dari Wall Street Journal mengungkapkan.

Meskipun perusahaan medsos itu telah sering mengaku memperlakukan semua orang secara setara, program ini menunjukkan bahwa Facebook memiliki sistem penanganan berjenjang untuk pengguna yang, seperti halnya masyarakat Amerika lainnya, memungkinkan individu tertentu yang kuat dan kaya pada dasarnya bermain dengan aturan mereka sendiri.

Juga dikenal sebagai "pemeriksaan silang", program ini seolah-olah dibuat sebagai mekanisme "kontrol berkualitas" untuk moderasi, yang dimaksudkan untuk menambahkan lapisan tinjauan tambahan ke insiden yang melibatkan pengguna profil tinggi. Namun, pada kenyataannya, ini secara fungsional berguna sebagai sarana untuk mengesampingkan penegakan aktual dalam kasus seperti itu — sehingga menghindari “kelabakan PR” yang tidak diinginkan.

Sejak awal, Facebook berjuang untuk mendefinisikan pendekatannya terhadap moderasi. Dengan sekitar 2,8 miliar pengguna dan dibanjiri oleh konten yang mengganggu, informasi yang salah, dan masalah lainnya, raksasa media sosial itu telah menghabiskan beberapa tahun terakhir untuk menyewa pasukan kecil kontraktor untuk memantau dan memoderasi konten yang muncul di platformnya. 

Jadi, sementara mengusir selebriti atau politisi yang gaduh dari platformnya bisa menjadi usaha besar dan berisiko, XCheck pada dasarnya memungkinkan perusahaan untuk menunda atau tidak mengambil tindakan penegakan tersebut, sehingga menghindari kontroversi sama sekali.