Hoaks marak di Youtube setelah timnas U-23 kalah di Piala AFF 2023

PSSI justru memunculkan informasi yang membangun, menitikberatkan proses prestasi sepak bola Indonesia dengan semangat positif.

Timnas Indonesia U-23 Foto: PSSI

Penghiburan semu pelipur lara marak beredar di media sosial setelah kekalahan tim nasional PSSI U-23 di AFF Cup U-23 2023, Sabtu (26/8). Ernando Ari dkk terpuruk ditundukkan Vietnam 6-5 lewat adu penalti di Rayong Provincial Stadium, Thailand.

Seakan tidak ikhlas timnasnya kalah, pelbagai informasi palsu segera merebak di Youtube. Hoaks tersebut antara lain berbunyi: "BUNTUT DICURANGI DI FINAL AFF U-23! Timnas Indonesia Memutuskan Keluar Dari AFF Dan Gabung Kesini" dari kanal Onlen News dengan 88.5K pelanggan. Info tidak bertanggung jawab itu sudah dipirsa 103K penonton dan 1.261 komentar ketika diakses, Minggu (27/8).

Kanal Onlen News membuka informasi dengan memalsukan cuplikan siaran televisi dari iNews di mana penyiar membacakan berita: "Pemirsa, mundurnya timnas Indonesia dari AFF mendapat tanggapan dari Presiden AFF. Presiden AFF menyayangkan keputusan tersebut karena Indonesia salah satu..."

Kalimat berita dari salah satu media milik MNC Grup itu tidak selesai. Gambar seketika kemudian berganti dengan munculnya pelatih PSSI Shin Tae-yong di pinggir lapangan, tampak sedang menyaksikan pertandingan. Diiringi musik latar, berita iNewsTV tadi menjadi tidak jelas, langsung menghilang begitu saja.

Media online iNewsid diketahui pernah menyiarkan berita berjudul "Dampak Besar Jika Indonesia Akhirnya Memutuskan Keluar dari AFF, Ini Keuntungan dan Kerugiannya" oleh Rilo Pambudi, Selasa (9/8/2022) pukul 17:35:00 WIB. Tapi konteksnya bukan Piala AFF U-23 2023 karena itu berita lama, sudah setahun yang lalu.