Htet Htet Khine dan Sithu Aung Myint ditangkap di Myanmar

Pihak berwenang mendakwa Sithu Aung Myint dengan menyebarkan berita palsu.

Pada 15 Agustus, otoritas militer di Yangon menangkap Htet Htet Khine, produser lepas untuk BBC Media Action, dan Sithu Aung Myint, kolumnis untuk majalah independen Frontier Myanmar dan komentator untuk penyiar Voice of America yang didanai Kongres AS. Demikian sejumlah laporan berita mengutip Myawaddy TV yang dikelola militer.

Pihak berwenang mendakwa Sithu Aung Myint dengan menyebarkan berita palsu, kejahatan berdasarkan Pasal 505(a) kitab pidana yang dapat dihukum hingga tiga tahun penjara, dan penghasutan, berdasarkan Pasal 124(a) kitab pidana, yang dapat membawa hukuman seumur hidup, menurut The Irrawaddy.

Pihak berwenang mendakwa Htet Htet Khine berdasarkan Pasal 17(1) dari Undang-Undang Asosiasi Pelanggaran Hukum era kolonial karena diduga bekerja untuk stasiun radio terlarang dan menyembunyikan Sithu Aung Myint saat dia melarikan diri dari surat perintah penangkapan; jika terbukti bersalah, dia bisa menghadapi dua hingga tiga tahun penjara untuk setiap pelanggaran, menurut Myanmar Now.

“Junta Myanmar harus segera membebaskan jurnalis Htet Htet Khine, Sithu Aung Myint, dan semua anggota pers lainnya yang saat ini ditahan di balik jeruji besi,” kata Shawn Crispin, perwakilan senior Asia Tenggara CPJ (Committee to Protect Journalists).

“Penguasa militer Myanmar harus berhenti memperlakukan jurnalis sebagai penjahat, titik. Pihak berwenang perlu membatalkan semua tuntutan pidana yang tertunda terhadap pekerja media di negara ini,” tambahnya.