Indonesia menuju waras digital

Ada ruang waktunya di mana total pengguna internet di Indonesia, dengan semua alat, hampir 175 juta.

ilustrasi. foto Pixabay

Kondisi empiris di Indonesia sekarang di era digital terutama, dunia digital itu sudah menjadi habitus penting bagi masyarakat. Ini merupakan ruang dan waktu yang paling besar hari-hari ini ketika orang harus berhadapan dengan misinformasi dan disinformasi.

Ada ruang waktunya di mana total pengguna internet di Indonesia, dengan semua alat, hampir 175 juta. Kemudian pertumbuhan dan pengguna internet di Indonesia tahunan itu sekitar 17 persen atau 25 juta, dan waktu rata-rata orang Indonesia menggunakan media sosial daring per hari itu sekitar tiga jam 26 menit.

Proporsi pengguna internet terhadap total populasi di Indonesia 64 persen. Waktu rata-rata di depan internet per hari per orang sekarang hampir delapan jam atau tepatnya 7 jam 59 menit. Sementara waktu rata-rata menonton televisi per hari per orang itu tiga jam empat menit. Jadi sudah berkurang, biasanya dulu televisi dominan, kini sudah bergerak ke arah internet di mana juga sudah ada live streaming televisi sebenarnya, dan hampir delapan jam waktu yang dihabiskan orang Indonesia. Ini kondisi empiris sekarang.

Berapa banyak pengguna media sosial online di Indonesia? Mereka masuk ke Facebook, Instagram, Facebook Messenger, pada Januari 2020 terlihat bahwa yang bergerak dan memakai media sosial online itu umurnya antara 18-24 dan 25-34 berdasarkan profil para audiens untuk iklan umumnya di media sosial. 18-24 ialah generasi Z. Kemudian 25-34, dan rentang agak lebih ke atas lagi sampai dengan 25-44 tahun, ini generasi milenial. Jadi mereka yang menggunakan internet dan juga memakai media sosial, yang menjadi sasaran empuk dari post-truth maupun echo chamber dan juga sasaran hoaks itu adalah generasi Z, yaitu 18-24 tahun, dan generasi milenial.

Apa yang terlihat dari situasi empiris seperti itu dapat disimpulkan, dari beberapa riset yang dilakukan, bahwa waktu konsentrasi penuh manusia sudah menurun dari 12 detik di tahun 2000. Jadi hanya delapan detik saat ini, bahkan terakhir menjadi tinggal tiga detik saja.