Intermedia agenda setting penyebaran informasi digital vaksin Covid-19 di Indonesia

Intermedia Agenda Setting ini berfokus pada pengukuran sejauh mana konten berita berpindah antarmedia.

ilustrasi. foto Pixabay

Pada waktu Andhika Kurniawan Pontoh mencari-cari informasi vaksin melalui internet, pastinya terpikirkan olehnya bahwa ada suatu urgensi atau mungkin tren yang muncul di dunia internet.

Ini juga dapat dibuktikan melalui Google Search Trend, kalau misalnya mencari di Google Trend, maka muncul kenaikan intensitas netizen untuk mencari informasi tentang vaksin. Hal ini juga dibarengi dengan jumlah intensitas pemberitaan terhadap vaksin Covid-19.

Keinginan meneliti topik itulah yang mendorong Andhika akhirnya membuahkan karya ilmiah 'Intermedia Agenda Setting Penyebaran Informasi Digital Vaksin Covid-19 di Indonesia'.

"Penelitian sebelumnya juga mengungkapkan kalau misalnya saat ini kita mencari informasi tentang kesehatan, tentang vaksin, itu juga melalui internet. Sehingga ada pertanyaan: bagaimana kalau misalnya media cukup mengakomodir tentang kebutuhan dari kita mencari tentang informasi vaksin melalui internet?" katanya.

Andhika, panelis dalam sesi pertama dari rangkaian seminar nasional yang diselenggarakan Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Indonesia, Jumat (13/5).