Jokowi akui pemerintahannya kerap dikritik media: Menjadi jamu sehat

Menurutnya, kritik tersebut juga bagian dari upaya pers menjaga profesionalisme.

Presiden Jokowi mengakui, pemerintahannya kerap dikritik media. Ia tak mempersoalkannya karena menjadi "jamu sehat". YouTube/Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, pemerintahannya kerap dikritik media massa dengan tingkat kedalaman beragam. Mulai dari kritik halus, samar-samar, hingga keras dan pedas.

"Ada juga yang offside. [Yang] tidak jelas tujuannya ada juga. Saya ngomong apa adanya, ya," ucapnya dalam sambutannya pada pembukaan Kongres ke-25 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Istana Negara, Jakarta, pada Senin (25/9).

Kendati begitu, ungkap Jokowi, pemerintah tidak mempersoalkan kritik-kritik tersebut. "Semua tidak apa-apa dan semua tetap menjadi jamu sehat dan energi tambahan."

Menurutnya, kritik tersebut merupakan bagian dari upaya pers menjaga profesionalisme. Dengan begitu, publik mendapatkan pemberitaan yang berkualitas, autentik, dan berimbang tanpa adanya tarik-menarik kepentingan.

Sementara itu, Ketua Umum PWI, Atal Sembiring Depari, menyampaikan terima kasih kepada Jokowi karena berkenan menerima delegasi PWI se-Indonesia.