Mantan penyiar TVRI sayangkan penonaktifan Helmi Yahya

TVRI di bawah kepemimpinan Helmy justru mengalami kemajuan.

Dirut TVRI Helmy Yahya.Alinea.id/Nanda Aria

Anggota Komisi III DPR sekaligus mantan penyiar TVRI, Hinca Panjaitan mengatakan kekisruhan antara Dewan Pengawas LPP TVRI dan direksi bukan hal baru. Kendati begitu, dia mengaku isu pemecatan tetap saja mengejutkan publik.

"Saya pernah membawa acara 18 tahun di situ. Sebenarnya bukan kali pertama persengketaan, perbedaan pendapat antara direksi dan dewan pengawas. Sekali lagi ini bukan kali pertama, sering kali terjadi gesekan," kata Hinca di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (6/12).

Hinca mengaku belum mengetahui persoalan di internal TVRI yang berujung pemecatan terhadap Helmy. Namun, berdasarkan pengalamannya selama 18 tahun bekerja di TVRI, persoalan yang terjadi terkait dengan produk yang dihasilan televisi milik negara itu.

"Karena persoalan di sana bukan hubungan hirarki antara dewan pengawas dan direksi tetapi produk mereka itu, apakah baik atau tidak untuk publik," ujarnya.

Karena itu, Sekjen Partai Demokrat ini menyayangkan pemecatan Helmy Yahya sebagai dirut. Menurut Hinca, tak ada urgensi untuk memecat Helmy jika persoalannya terkait produk TVRI saat ini.