Masa depan inovasi berita lokal adalah nonkomersial

Kemunduran berita lokal adalah kisah yang sering diceritakan melawan kebangkitan Lembah Silikon.

ilustrasi. Istimewa

Pada bulan Februari, Senator Amy Klobuchar dari Minnesota AS memperkenalkan kembali Undang-Undang Kompetisi dan Pelestarian Jurnalisme, yang dirancang untuk membuat miliarder Lembah Silikon membayar kerugian yang mereka timbulkan pada industri berita.

“Apa arti dominasi Big Tech atas berita bagi orang Amerika?” Klobuchar bertanya selama sidang baru-baru ini tentang undang-undang tersebut. 

Jawabannya: “Pendapatan lebih sedikit untuk berita lokal, lebih sedikit jurnalis yang melakukan liputan mendalam berkualitas tinggi, lebih banyak paparan informasi yang salah, dan lebih sedikit sumber yang dapat diandalkan.”

Kemunduran berita lokal adalah kisah yang sering diceritakan melawan kebangkitan Lembah Silikon. Tetapi menyamakan penutupan surat kabar lokal dengan bisnis iklan yang berkembang pesat di perusahaan seperti Google dan Meta (sebelumnya Facebook) tidak sepenuhnya benar.

Model bisnis berita itu sendiri — berakar pada keyakinan bahwa jurnalisme harus hidup atau mati oleh perintah pasar — adalah alasan utama hilangnya puluhan ribu pekerjaan di ruang redaksi.