Masalah media, keterbukaan informasi, efektivitas kebijakan publik dari pemerintah

Banyak sekali kebijakan publik yang bagus, namun tidak dapat dijalankan karena komunikasi pemerintahan yang buruk.

ilustrasi. foto Pixabay

Seorang pengacara dan negarawan yang menjabat sebagai presiden ke-16 Amerika Serikat dari tahun 1861 hingga terbunuh pada 1865, pernah berkata, "Biarkan masyarakat mengetahui fakta dan dengan sendirinya negara akan aman."

Kata-kata terkenal Abraham Lincoln itu dikutip oleh Dr. Megandaru Widhi Kawuryan, Ketua Bidang Pengembangan Teknologi Informasi Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI), saat berbicara dalam webinar bertajuk 'Masalah Media dan Kebijakan Pemerintah yang Efektif'.

"Zaman Lincoln pun isu keterbukaan informasi sudah menyeruak dan menjadi hal yang sangat penting. Apalagi pada era demokrasi kini, dengan adanya media sosial yang sekarang menjadi backbone (tulang punggung) peradaban manusia, yaitu internet, tidak bisa lagi kita menutup-nutupi informasi. Itu salah satu concern pemerintahan modern," katanya dalam tayangan kanal MIPI, Sabtu (12/2/2022).

Megandaru mengutip lagi, dari filsuf asal Inggris Francis Bacon (1561-1626) yang mengatakan, "Knowledge is power". Di masa kekinian, kutipan itu menjadi: "Information is power".

"Siapa yang punya informasi, maka dia yang mempunyai kekuatan. Dengan informasi itulah kita bisa mendapatkan banyak hal, mulai dari yang negatif dan juga positif, yang bisa kita cerna bersama," cetusnya.