Menganalisis perubahan iklim selama Covid-19 ala Peter dari BuzzFeed News

Kartunis Kanada itu mengantar pikiran Peter bahwa Covid-19 telah mengundang situasi krisis yang luar biasa.

ilustrasi. foto Pixabay

Gelaran acara Data and Computational Journalism Conference Indonesia (DCJ-CI) 2022 membicarakan ihwal 'Menganalisis Perubahan Iklim sebelum dan selama Covid-19', Kamis (28/7).

Acara ini menampilkan pembicara Peter Aldhous, reporter sains di BuzzFeed News, dengan moderator Aghnia Adzkia dari East Asia Visual Journalist BBC dan interpreter Ajeng.

Peter membawa presentasi bertajuk 'Menganalisis Perubahan Iklim selama Covid-19'. Ia memulai paparannya dengan menunjukkan sebuah kartun yang diterbitkan pada fase awal pandemi oleh seorang kartunis Kanada.

Kartun berjudul "Masalah yang Kita Hadapi" menggambarkan datangnya tiga gelombang besar yang hendak menggulung sebuah kota. Tiga gelombang besar itu terdiri dari perubahan iklim, resesi, dan Covid-19. Sementara gelombang sebentar lagi menelan kota, seseorang di kota itu (yang tidak tahu situasi yang sedang terjadi) berkata: "Pastikan untuk mencuci tangan dengan bersih dan kita semua akan baik-baik saja."

"Bagi saya, kartun ini benar-benar merangkum masalah yang kami miliki di desk sains yang cukup kecil. Seperti diketahui, desk sains Buzzfeed News saat itu hanya memiliki empat reporter dan satu editor. Sementara pandemi cukup luas, kami harus menghentikan semua yang kami lakukan dan kami menjadi hampir sepenuhnya tertelan oleh liputan pandemi," kata Peter, yang dari 2015 hingga 2022 bekerja di desk sains Buzzfeed News.