Perang Ukraina: Siapa yang bocorkan dokumen rahasia Pentagon - Buat apa?

Dikatakan kapan brigade akan siap dan mencantumkan semua tank, kendaraan lapis baja, dan artileri yang disediakan oleh sekutu barat Ukraina.

Perang Ukraina: Siapa yang bocorkan dokumen rahasia Pentagon - Buat apa?

Apa yang membuat puluhan dokumen rahasia Departemen Pertahanan Amerika -- peta, bagan, dan foto -- sekarang beredar di internet?

Lengkap dengan lini masa dan lusinan akronim militer yang tak bisa ditembus, dokumen-dokumen itu, beberapa di antaranya bertanda "Sangat Rahasia", melukiskan gambaran rinci tentang perang di Ukraina.

Isi dokumen menceritakan tentang korban yang diderita di kedua pihak, kerentanan militer masing-masing dan, yang terpenting, kemungkinan kekuatan relatif mereka ketika Ukraina memutuskan untuk meluncurkan serangan musim semi yang sangat dinanti-nantikan.

Seberapa nyata halaman-halaman cetakan ini, yang terbuka dan difoto, kemungkinan di atas meja makan seseorang? Dan apa yang dikatakan kepada publik, atau Kremlin, yang belum diketahui?

Pertama, hal yang utama: ini adalah kebocoran informasi rahasia Amerika terbesar tentang perang di Ukraina sejak invasi besar-besaran Rusia 14 bulan lalu. Beberapa dokumen terbit sudah enam pekan, tetapi implikasinya sangat besar.