Persoalan media tahun ini, pensiun dini sampai gaji dicicil

Setidaknya ada dua perusahaan media yang melakukan pensiun dini terhadap karyawan.

Kepala Bagian Ekonomi, Perdagangan dan Investasi Kedutaan Besar Australia Todd Dias memberikan materi perbankan ketika menjadi narasumber di Banking Journalist Workshop 2019 di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (7/12).Foto Antara/Septianda Perdana/hp.

Persoalan jurnalis di 2019 tidak hanya tentang kekerasan yang dialami, melainkan juga berkenaan dengan ketenagakerjaan. Ihwal itu disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Revolusi Riza.

Riza mengatakan sepanjang 2019 setidaknya ada dua perusahaan media yang melakukan pensiun dini terhadap karyawan.

"Harian Kompas, salah satu barometer jurnalis di Tanah Air itu melakukan pensiun dini cukup besar kepada karyawan. Stasiun televisi NET Media juga menawarkan pengunduran diri kepada karyawan," kata Riza sama jumpa pers di kantor AJI, Jakarta, Senin (23/12).

Ia menambahkan, persoalan ketenagakerjaan bukan hanya soal pensiun dini, tetapi ada pula media yang melakukan pembayaran gaji karyawan dengan cara dicicil.

Selain karena pelambatan ekonomi, hal itu terjadi karena ada perubahan kebiasaan generasi. Di mana generasi milenial dan generasi Z cenderung sudah meninggalkan koran.