Sorotan 32 media atas cuitan "Jokowi: The King of Lip Service" BEM UI

Selain cuitan itu sempat menjadi topik yang paling tren, topik itu lalu diperebutkan sebagai bahan berita oleh banyak media di Indonesia.

Ilustrasi. Alinea.id

Akun resmi Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia mencuit, "Jokowi: The King of Lip Service" (semua huruf ditulis kapital dalam sebuah meme) pada pukul 18:12 WIB, Sabtu (26/6). Selain cuitan itu sempat menjadi topik yang paling tren, topik itu lalu diperebutkan sebagai bahan berita oleh banyak media di Indonesia.

Cuitan itu mengundang sedikitnya 20,5 ribu retweet, 6.663 tweet kutipan, dan 55,3 ribu disukai. Media lalu menangkap peluang di balik isu panas ini. Sebanyak 32 media arus utama menyumbang 87 artikel populer dalam laman Google Berita, seperti diakses pada Rabu (30/6). 

Detiknews muncul dengan judul "Jokowi Jawab Kritik 'King of Lip Service': Boleh, Kampus Jangan Halangi". Dua sumber beritanya, Presiden Joko Widodo dan Kepala Humas dan KIP UI Amelita Lusia.

Isi beritanya, Jokowi memberi keterangan di kanal YouTube Sekretariat Presiden bahwa universitas tidak perlu menghalangi mahasiswa untuk mengekspresikan pendapat. Amelita, dalam keterangan tertulis kepada wartawan, menyatakan Universitas Indonesia mengambil sikap tegas dengan segera melakukan pemanggilan terhadap BEM UI atas pemuatan meme tersebut di media sosial.

Rentang informasi