Terhimpit cemas dan niat bunuh diri pekerja teknologi, Bimo menangkan hadiah dari AJI-ILO

Ada salah satu narasumber dalam tulisan Bimo, yang bercerita sampai punya pikiran untuk bunuh diri.

Ilustrasi. foto Unsplash

Bimo Aria Fundrika tidak menyangka ternyata tulisan yang dia buat terpilih sebagai salah satu pemenang kategori cetak online dalam Lomba Karya Jurnalistik Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Masa Pandemi COVID-19. Bimo pun berterima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa karena sudah memberikan kesempatan. Kompetisi ini diselenggarakan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia dan International Labour Organization (ILO).

Jurnalis dari Suara.com itu menulis artikel 'Dari Anxiety Hingga Ingin Bunuh Diri: Potret Pekerja Teknologi Terhimpit Pandemi' menjadi pemenang pertama. "Akhirnya bisa menyuarakan suara-suara teman-teman khususnya di industri media dan kreatif dan khususnya lagi di bidang teknologi bahwa ketika bicara soal K3 sendiri kita sering kali hanya bicara soal K3 yang berkaitan dengan fisik, padahal sebetulnya di era revolusi industri ini, sebetulnya pekerja-pekerja di industri teknologi merupakan salah satu yang paling rentan khususnya terkait dengan dampak kesehatan mental yang mereka alami," kata Bimo merayakan kemenangan, Selasa (22/2/2022).

Dikatakannya, isu kesehatan mental seringkali tidak disadari berbagai pihak, mulai dari pekerja itu sendiri, pihak perusahaan, bahkan juga pemerintah sebagai pemangku kebijakan dan juga pengawas K3. "Dengan tulisan ini, saya berharap tentu juga menumbuhkan kesadaran terkait dengan isu-isu K3. Bahwa isu-isu kesehatan mental adalah suatu hal yang wajar ditemui. Bahwa kesehatan mental bukan sebuah aib yang sering ditemukan teman-teman yang mengungkapkan masalah isu kesehatan, sehingga mereka tidak berani untuk berbicara, dan kondisi ini juga semakin diperparah dengan situasi pandemi di mana mereka juga tidak bisa banyak berinteraksi dan mencari bantuan," sambungnya.

Ada salah satu narasumber dalam tulisan Bimo, yang bercerita sampai punya pikiran untuk bunuh diri. Artinya, kesehatan mental, satu hal yang sangat krusial untuk segera dipikirkan. Bukan hanya oleh pemberi kerja juga, tapi juga pemerintah. Bagaimana isu kesehatan mental menjadi arus utama dalam isu K3 yang bukan lagi mementingkan hanya kesehatan fisik. "Tentu pemerintah bisa mengubah UU K3 untuk mewadahi isu kesehatan mental yang juga banyak dialami pekerja modern," harap Bimo.

Dari nominasi 10 besar, Bimo telah menerima anugerahnya. Pemenang pertama kategori cetak online itu mendapatkan hadiah uang tunai Rp15 juta dengan pajak ditanggung pemenang. Pemenang kedua menyabet Rp7,5 juta ialah Fransiskus Wisnu Wardhana Dany (Harian Kompas) dengan tulisan: Sopir TransJakarta, Satu Kemudi Beda Nasib.