1 juta pemudik diprediksi lolos, Ganjar minta bupati/wali kota siaga

Para pemudik yang nekat pulang sama seperti tahun lalu. Kira-kira kata Ganjar, ada sekitar sejuta orang pemudik.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo (tengah), sela apel di Mapolda Jateng, Kota Semarang, pada Jumat (30/4/2021). Dokumentasi Pemprov Jateng

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, meminta, seluruh bupati/wali kota di Jateng siaga mengantisipasi kebocoran pemudik. pangkalnya, masih banyak pemudik yang nekat untuk pulang.

Hal itu disampaikan Ganjar saat mengecek pintu penyekatan pemudik di Terminal Tegal, Minggu (9/5). Dia meminta, bupati/wali kota menggerakkan seluruh kepala desa/lurah untuk melakukan testing sampai tingkat bawah.

"Soalnya pemudik masih nekat berdatangan. Ada dua catatan yang masuk, dari aplikasi Jogo Tonggo mencatat baru 6-8% yang melaporkan, angkanya sekitar 10.000 (orang) pemudik. Tapi, catatan dari perhubungan dari asumsi-asumsi angkutan yang masuk, sudah ada 632.000 (orang) pemudik," kata Ganjar.

Melihat kondisi itu, Ganjar memprediksik, para pemudik yang nekat pulang akan sama seperti tahun lalu. Kira-kira lanjut dia, ada sekitar sejuta orang pemudik.

"Saya mempertimbangkan kira-kira yang akan masuk ke Jateng segitu. Maka saya mintakan agar ada pengetesan-pengetesan di level yang paling bawah," tegasnya.