10 perempuan terpegah dan tervokal di tengah pandemi Covid-19

Khofifah dan Sri Mulyani perempuan terpopuler dalam pemberitaan media online.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (kiri) didampingi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (kanan) saat memberikan keterangan pers usai bahas PSBB, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jawa Timur, Minggu (19/4)/Foto Antara/Moch Asim.

Bertepatan dengan Hari Kartini 2020, Indonesia Indicator (I2) merilis riset kiprah perempuan yang turut tampil di garda terdepan melawan pandemi coronavirus disease 2019 atau Covid-19.

Perusahaan intelijen media ini mencatat ada 10 figur perempuan terpegah atau top person yang paling banyak diberitakan media online, dan 10 figur perempuan tervokal atau top influencer yang banyak dikutip pernyataannya oleh media sepanjang masa pandemi, 1 Maret hingga 17 April 2020.

“Ke-10 figur perempuan itu muncul dari  sekitar 912.315 berita yang dimuat 2.479 portal media online di Tanah Air yang memberitakan Virus Corona,” ujar Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2), Rustika Herlambang dalam keterangannya diterima di Jakarta, Selasa (21/4). 

10 perempuan terpegah

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menjadi figur perempuan terpegah pertama di media online. Menurut Rustika, sosok Khofifah tampil dalam 5.536 berita terkait Covid-19.